Jumat, 19 Februari 2010

Pembangkit Listrik Tenaga Manusia


Energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga manusia bukanlah menjadi sesuatu yang baru lagi, pengembangan demi pengembangan terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Salah satunya adalah teknologi yang dibuat oleh Soundpower Corp. dimana mereka telah menciptakan sebuah lantai yang dapat menghasilkan energi listrik.

Lantai ini sudah mulai diuji coba di Stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang. dan pastinya banyak orang yang lalu lalang disana. jangan dibandingkan dengan di Indonesia, di Indo mungkin orang-orang pergi ke tempat yang berjarak 100 meter memilih naik kendaraan, namun di jepang, walaupun jaraknya sangat jauh, kebanyakan dari mereka lebih memilih berjalan kaki.
"Lain ladang, lain belalang"..he2x

Dengan menggunakan tenaga manusia sebagai penghasil energi, lantai ini dapat menghasilkan energi listrik yang dapat menjalankan papan pengumuman LED yang digunakan sebagai informasi jadwal kereta api disana. Ditambah menjalankan beberapa lampu hias.

Lantai ini sendiri terdiri dari beberapa buah panel berukuran
90 cm2 dengan ketebalan 2,5 cm.

Diperkirakan, orang yang mempunyai berat sekitar 60 kg dapat menghasilkan energi listrik sebanyak 0,5 watts dengan berjalan diatasnya sebanyak 2 kali.

mungkin terlihat sedikit, tetapi jika anda ketempatnya langsung, anda tidak akan berpikir seperti itu. karena yang lewat tidak hanya 10 atau 20 orang, tapi sangat banyak. hal itu dikarenakan kereta merupakan kendaraan yang paling digemari di jepang.

info dari :
http://www.kaskus.us/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar