Senin, 27 Juli 2009

Sampah di Indonesia


G nyangka y..di Indonesia dah banyak bgt tempat sampah umum yg bertuliskan “Jangan Buang Sampah Di sini” atau sebagainya..he2x
Sekarang sampah ada di mana-mana, di sungai, di Jalan, di laut, dll. Seperti pada gambar yang anda lihat di atas. Sampah dapat ditemukan di mana-mana, bahkan di tempat ada larangan untuk membuang sampah ditempat tersebut.
Ternyata, membuang sampah sembarangan sudah menjadi kebudayaan bagi masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di kota, n kayaknya orang Indonesia berniat untuk melestarikannya. Tidak banyak orang yang peduli dengan lingkungannya. Tanpa berpikir panjang, mereka melakukan hal tersebut. Padahal, masalah yang akan ditimbulkan bukanlah masalah kecil. Ini adalah beberapa diantaranya:
• Dapat menyebabkan BANJIR
Sampah-sampah yang yang dibuang ke sungai2 atau ke selokan akan menutup dan menghambat aliran air pada sungai atau selokan tersebut. Mungkin pada saat curah hujan di tempat tersebut kecil, hal ini tidak berarti. Namun saat curah hujan besar, hal ini akan menyebabkan banjir.
• Membuat lingkungan menjadi kotor
Sampah-sampah yang ada di sungai, laut, jalan, dan lain sebagainya akan membuat tempat tersebut menjadi kotor dan tidak nyaman di pandang. Bahkan di tempat wisata pun sering kali kita temukan asmpah-asmpah yang berserakan, padahal hal tersebut akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman.
• Tempat berkembang biaknya sumber penyakit
Lingkungan yang kotor adalah tempat favorit bagi para virus2 & bakteri2 patogen(memberikan kerugian). Jika tempat kita kotor, maka virus / bakteri tersebut akan tinggal dan berkembang biak dengan cepat di tempat tersebut, dan sebaliknya, jika tempat kita bersih, maka, akan sulit bagi mereka untuk berkembang biak. “So, keep our place clean”. Sok inggris dikit lah.hehe
• Banyak mahluk hidup yang akan mati
Hewan yang masih bayi tidak mengerti apa-apa, termasuk apa yang harus mereka makan. Mereka akan memakan semua yang ada di hadapannya, termasuk plastik (jika ada plastik). Padahal jika plastik itu masuk kedalam tubuhnya dapat dipastikan hewan tersebut akan mati, karena tubuhnya tidak dapat mencerna plastik tersebut.

Beberapa faktor yang membuat orang membuang sampah sembarangan:
• Kurangnya pengetahuan
Tidak banyak dari orang Indonesia yang mengetahui tentang pentingnya untuk tidak membuang sampah sembarangan, rasa ketidakpedulianlah yang muncul. Hal ini akan membuat mereka membuang sampah sembarangan tanpa tau bencana apa yang akan terjadi nanti.
• Contoh yang buruk
Membuang sampah sembarangan akan menjadi contoh yang buruk bagi anak-anak. Mereka akan meniru perbuatan tersebut, hingga akhirnya dewasa dan akan mencontohkannya lagi kepada anak-anak.
Terkadang, beberapa orang enggan membuang sampah sembarangan jika ditempat tersebut tidak ada orang yang membuang sampah sembarangan.
• Terlalu sedikitnya tempat sampah yang ada.
Jika di semua tempat ada tempat sampah yang satu sama lain berjarak 1m, pasti semua orang akan membuang sampah pada tempatnya.he3x..tp kayaknya g mgkn.
Yah,paling engga’ jumlah tempat sampah yang ada mencukupi dan penempatannya tepat.
• Tidak ada / kurang ketatnya peraturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar