Minggu, 12 Juli 2009

Semua yang dihemat pasti bermanfaat

Semua orang pasti tau tentang pentingnya berhemat, tapi sayangnya g semua orang melakukannya. kenapa ya?? y karna mereka tidak sadar bahwa yang mereka lakukan sangat tidak hemat alias boros.

Makanan di piring selalu sisa ketika piring sampai ditempat cuci piring; menyalakan lampu di tempat yang terang di siang hari; membiarkan air di tangki penyimpanan meluber selama ber jam-jam; menyalakan televisi untuk teman tidur pada malam hari dan baru mematikannya di pagi hari; dan masih banyak lainnya.

"sebelum posting, koreksi diri dulu mas.."

yups, saya sudah dan akan selalu koreksi diri kok, salah satu dari hasil koreksi'a adalah, saya sering boros dalam menggunakan sabun cuci, dan setelah ini , saya akan segera merubah kebiasaan itu.

Jangan katakan bahwa anda tidak bisa tidur jika tidak menyalakan tv untuk teman tidur, jangan katakan bahwa anda tidak bisa mengukur porsi makan anda sehingga makanan selalu sisa ketika anda sudah kenyang, jangan katakan...., dan jangan katakan....

Ingat.."anda bisa karena biasa(terbiasa)". anda bisa seperti / melakukan itu karena anda biasa seperti itu. 

Buatlah perubahan, break ur habbit. tinggalkanlah kebiasaan boros dan buatlah kebiasaan yang baru..Ok??

Sekedar mengingatkan, hemat itu sangat penting. Beberapa manfaatnya:

1. ngurang2in pengeluaran.

Kalau kita berubah untuk tidak menyalakan tv untuk teman tidur lagi, biaya listrik bulanan kita pasti akan turun drastis. 1 contoh lg y,he. kalau kita bisa berubah untuk hemat dalam urusan makanan, beras dirumah pasti lebih awet..wkwkwk

2. Mengurangi laju pemanasan global.

Kayaknya maksain banget y??he2x. tp mw gimana lg, kenyatannya seperti itu.he

Ternyata, berhemat dapat mengurangi laju global warming juga loO. Semua barang menggunakan banyak energi untuk proses produksi dan distribusi. dan, jika barangnya dihemat, pasti energi yang semestinya digunakan juga ikut dihemat.

untuk proses produksi, rata-rata mereka menggunakan energi listrik. padahal energi listrik(di Indonesia) didapat dari pembakaran batubara (yang mempengaruhi global warming)

sedangkan, untuk proses distribusinya, mereka menggunakan kendaraan yang bermotor yang juga dapat meningkatkan laju global warming.

3. Dapat menurunkan harga barang.

Contoh kasus:

Boros  = beli barang setiap 1 bulan sekali
Hemat= beli barang setiap 2 bulan sekali

Kalau semua orang berhemat, pada bulan pertama, permintaan akan menurun. Jika permintaan turun, para produsen / penjual akan menurunkan harga barangnya untuk mencapai target penjualan.

4. Menjadikan suatu barang sebagai sumber devisa

jika harga jual di sini rendah, pasti para penjual akan mencari tempat(negara) lain yang dapat memberikan keuntungan lebih.

sekian dulu deh..hehe

mav y klo postingannya jelek. klo ada yang salah, koment y.. ^_~

"semua yang dihemat pasti bermanfaat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar