Sabtu, 01 Agustus 2009

Tanam Teruss..terus tanam..


Gila... Ilegal logging dimana-mana. Hutan-hutan di Indonesia dicukur abis. Pohon-pohon ditebang tp g ditanam lg..
Di Indonesia, 15000 pohon ditebangi dalam sebulan . itu berarti 500 pohon ditebang dalam sehari ( dengan asumsi, mereka menebang 24 jam nonstop. Bisa anda bayangkan, misalkan anda berdiri di tengah-tengah hutan yang luas yang penuh dengan pohon. 24 jam kemudian, dalam radius puluhan meter di sekeliling anda sudah tidak ada pohon lagi, alias botak. parah kan??
Padahal, hutan sangat penting bagi kelangsungan hidup kita, beberapa fungsi hutan antara lain(yg saya tau y):
1. Produsen Oksigen.

2. Mencegah erosi.

3. Tempat tinggal satwa.

4. Menyimpan air.
Daripada ngomongin hal yang mungkin sulit untuk kita selesaikan, lebih baik cari solusi alternatif lain aja.

Kalau pekarangan rumah anda masih kosong atau ditumbuhi rumput liar yang tidak ada gunanya, ada baiknya mulai sekarang anda memikirkan tanaman apa yang anda ingin tanam di tempat tsb. Klo menurut saya pribadi sih, lebih baik menanam tanaman yang berbuah, karena lebih banyak manfaatnya. Selain O2 disiang hari, anda juga bisa mendapatkan buahnya. Terlebih lagi jika yang anda tanam buah yang tidak kenal musim seperti jambu, belimbing, pepaya, dll. Namun, jika anda lebih suka dengan tanaman hias, ya monggo..saya kan cuma saran..he2x
Untuk bibit, anda bisa mencangkok pohon milik tetangga, atau, anda juga bisa membelinya di pinggir-pinggir jalan. Anda juga bisa menanam pohon dari bijinya, dengan konsekwensi waktunya yang lebih lama.
Bagi anda yang sudah menanam pohon di pekarangan, mungkin anda bisa menambahkan tanaman-tanaman kecil di bawahnya seperti cabai, tomat, dll.
Tidak perlu pakai pupuk. Organik (tanpa bahan kimia) lebih baik, atau mungkin anda bisa membuat pupuk sendiri (pupuk yang organik tentunya). Cukup menyiram secara teratur, tanaman anda akan tumbuh dengan subur.
Tips: untuk menyiramnya, anda bisa menggunakan air bekas wudu, bilas pakaian, air bekas nyuci beras, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar